Selasa, 24 September 2013

Membuat Animasi menggunakan power point

Untuk postingan kali ini, saya akan membahas mengenai cara membuat gambar berjalan di PowerPoint. Kalau di komputer anda sudah terinstal Ms. Office, tentunya sudah tersedia juga Microsoft PowerPoint yang akan kita gunakan untuk membuat media belajar powerpoint. Ada banyak cara dan tips dari power point agar menjadi lebih menarik.
Salah satunya adalah dengan membuat animasi gambar berjalan, jadi disini kita bisa membuat gambar yang sudah kita sediakan seolah olah menjadi bergerak seperti dalam film animasi atau gerakan tokoh kartun yang bisa kita atur kecepatannya sedemikian rupa.
Baiklah, langsung saja kita mulai mulai membuat gambar berjalan di powerpoint:
  1. Buka Power Point dulu, masuklah ke slide yang akan kita masukkan gambar berjalan atau slide baru yang akan kita isi gambar berjalan.


  2. Masukkan gambar kemudian taruh gambar tersebut di luar area slide. Untuk memasukkan gambar, lihat gambar pada nomor 1.


  3. Berikan effect animasi dengan cara pilih tombol "animation" kemudian "costom animation".


  4. Berikan effect "Motion Paths" lalu pilih yang "reft" atau "right" sesuai dengan keinginan anda. Dalam contoh, saya memilih "left" karena gambarnya berada di kanan.


  5. Setelah muncul tanda "anak panah" dari animation, lalu tarik tanda panah tersebut dari luar slide sebelah kanan sampai keluar slide sebelah kiri. Usahakan gambar tetap berada di luar slide.


  6. Atur kecepatan atau "speed" sesuai keinginan anda. Biasanya akan lebih menarik kalau gambar bergerak pelan atau .gif. kalau sudah kemudian coba "play", dan atur sampai sesuai dengan keinginan.


  7. kalau sudah, maka kurang lebih hasilnya akan menjadi seperti ini. kalau gambar tidak muncul, coba instal flash player dulu dengan tutorial DISINI.
  8. Demikian tips cara membuat gambar berjalan di powerpoint.
Baca selengkapnya » 2 komentar

Membuat undangan pernikahan di corel draw

Begini caranya:
1. Buka Corel Draw X3
Start >> All Programs >> Corel Draw Graphics Suite X3 >> Corel Draw X3
Bentuk tampilan dari Corel Draw X3
2. Aturlah Lembar kerja, pilihlah F4 pada Property Bar: Multyple Object, seperti ini:

3. Klik Landscape (mendatar) pada Property Bar
4. Klik 2 kali pada Rectangle tool pada toolbox
5. Select object tersebut kemudian aturkan persegi dengan 21,0 cm x 12,5 cm, sebagai berikut: hasilnya

6. Untuk menghasilkan kertas lipat, caranya:
a). Select object >> Arrange >> Transformations >> Position, seperti gambar ini:



b). Check kanan atau kiri pada Relative Position, kemudian klik Apply to Duplicate, maka hasilnya:
c). Select two object (maksudnya pilih kedua persegi tersebut) >> Arrange >> Group
d). Kemudian Arrange >> Align to Distribute >> Center to Page Horizontally lalu diulangi lagi >>Arrange >> Align to Distribute >> Center to page vertically, sehingga kedua persegi tersebut berada di tengah lembar kerja. Sepeti gambar ini:
7. Untuk memperindah undangan yaitu transparansi objek dengan cara
Select object >> klik Transparency tool di toolbox >> klik dari atas tengah objek ke bawah tengah object (atau sesukamu baik dari bawah ke atas, dari kanan ke kiri, dari kiri ke kanan maupun diagonal) J
Sehingga hasilnya mengagumkan:
8. Copy objek pada page 1 lalu paste objek pada page 2 karena yang satu untuk bagian luar dan yang lain untuk bagian dalam, sebagai berikut:

A. UNTUK BAGIAN LUAR
1. Untuk memperindah hiasan pada bagian luar terutama corner
Klik Text pada Menu Bar >> Insert Symbol Character atau dengan cara tekan Ctrl+F11pada keyboard.
Sehingga hasilnya seperti:
2. Pilihlah Wingwinds 2 pada Font atau sesukamu lalu pilih salah satu di antaranya kemudian Insert.
3. Ditambahkan huruf nama Insial yang akan menikah dengan huruf yang tersedia di Font
Sehingga hasil seperti ini:

4. Untuk kotak nama dengan cara:
Klik Rectangle Tool pada Tool Box
Aturlah tiap sudut agar bisa lenkung yang tidak tajam pada Property Bar: Rectangle, sebagai berikut:
Bila Anda ingin 2 sudut yang tajam dan yang lain sudut tumpul, Anda bisa tidak mengaktifkan Round Corners Together di samping Right Rectangle Corner Roundness yang berbentuk gembok. Lalu Anda mengatur besar sudutnya, kemudian Enter. (^_^)
B. UNTUK BAGIAN DALAM
Untuk mengisi kalimat atau teks dengan paragraph teks yang berisi kapan yang akan diadakan pernikahan, Iqbal Qobul atau lainnya.
Anda bisa mengklik Text Tool pada Toolbox >> Klik dan drag pada area kerja, ketik teks paragraph tersebut.
Hasilnya seperti ini:
Tapi ada yang saya sarankan agar semua hiasan, huruf, warna atau lainnya, Anda bisa aturkannya dengan sesuka hatimu. Bahkan Anda bisa menambah gambar apapun juga dengan cara Klik File pada Menu Bar >> Import (Ctrl+I)
Akhirnya sudah selesai…. Selamat mencoba yah! (^_^)
Baca selengkapnya » 0 komentar

Belajar Google Sketch up 8

menciptakan sebuah obyek 3D di ‘Google SketchUp’ cukup dengan 3 alat bantu atau ‘kakas‘ (tool) saja seperti ini,
Belajar Google SketchUp 8 Konsep
pengisi ruang kiriBelajar Google SketchUp 8 Pencil       Belajar Google SketchUp 8 Push-Pull Belajar Google SketchUp 8 Orbit
Pensil‘ (‘Line’) dipakai untuk membuat ‘garis’ (border) dan ‘bidang datar’ (2D); ‘Push/Pull‘ untuk me”melar”kan bidang datar jadi obyek 3D; ‘Orbit‘ untuk mengubah sudut pandang obyek 3D yang perlu saat menyunting.
Betul gampang kalau membuat 3D sesederhana ini; ikon juga lumayan intuitif, mudah difahami. Tapi ini ‘kan teori. Pelaksanaannya, gampang juga?
Kita coba menjelajah ‘Google SketchUp’.

P r a k t i k

Download program di situs Google SketchUp (versi 8.0, 63 MB).
Instal dan jalankan.
Dapatkan ketiga kakas di atas. Cari juga 3 kakas lain untuk membantu pembuatan obyek 3D kita, ‘Select‘, ‘Move/Copy‘, dan ‘Pan‘. Mudah dikenali, ada tulisan di ikonnya.
Oke semua ketemu, kita mulai. Kita akan menggambar contoh rumah di atas.

Belajar Google SketchUp 8 SumbuRuang gambar
— 3-sumbu jadi acuan menggambar 3D:
merah‘ (kiri-kanan), ‘hijau‘ (depan-belakang), ‘biru‘ (atas-bawah). Atur pandangan ruang gambar dengan ‘Orbit’ (dan ‘Pan’) sehingga obyek terlihat jelas di arah ketiga sumbu tersebut.
2D: Bidang, permukaan — Gambarlah sebuah bidang datar memakai ikon ‘Persegi’. ‘Orang’ belum diperlukan, boleh dihapus. Orang jadi acuan kasar saat menentukan ketinggian obyek 3D (rumah, bangunan, kursi, meja, tempat tidur, dll.).
3D: Balok — gunakan ikon ‘Push/Pull’, tarik ke atas sejajar sumbu ‘biru’ untuk membuat ketinggian. Jadi sudah obyek 3D kita.
Atap — ganti dengan ikon ‘Pensil’. Telusuri salahsatu tepi hingga ketemu titik-tengah warna ‘hijau’, dan klik. Gambar garis ke tepi di seberangnya juga di titik-tengah, dan klik. Garis ini calon atap.
Sekarang ikon ‘Move’. Telusur garis atap hingga ketemu titik-tengah warna ‘hijau’. Tekan dan tahan tombol [Shift], tarik keatas sejajar sumbu ‘biru’. Perhatikan gambar sumbu ‘biru’ tipis bertulisan ‘On Blue Axis’ kalau tepat sejajar. Horee… rumah induk jadi.

Belajar Google SketchUp 8 MoveRumah ‘anak’
— dengan cara yang sama buat rumah berukuran lebih kecil di sebelah rumah induk. Tarik alas ‘persegi’ dengan ‘Push/Pull’ sehingga ketinggian sama dengan tinggi rumah induk.
Tahunya sama? Sambil menarik ke atas, simpangkan ikon ‘Push/Pull’ ke bangunan induk. Ada garis putus-putus bertulisan ‘On Edge’. Stop, tinggi sudah sama.
Lanjutkan dengan membuat atap. Jadilah rumah ‘anak’.
Menggabungkan 2 obyek — rumah anak akan kita ‘lebur’ ke bangunan induk. Blok seluruh rumah anak (garis biru tebal). Pakai ikon ‘Move’ untuk menggeser rumah anak ‘menembus’ bangunan induk. Stop, saat ujung atap rumah anak tepat menyentuh atap rumah induk.
Tahunya tepat menyentuh? Tempatkan ikon ‘Move’ pas di ujung atap rumah anak. Begitu menyentuh atap rumah induk, muncul tulisan ‘On Face’.
Rumah ‘induk’ dan ‘anak’ belum lebur. Masih ikon ‘Move’, klik kanan. Pilih ‘Intersect’ dan klik ‘Intersect Model’. Lebur.
Horee… rumah kita akhirnya jadi!

Lanjut…

Belum puas! ‘Orang’ itu masihkah ada di dalam? Kasihan. Oke, kita buatkan jendela agar bisa bernafas. Pakai ‘Persegi’ untuk menggambar jendela. Dinding mana, terserah. Sudah jadi, klik jendela dan tekan [Del]. Bolong! Syukurlah, masih ada dia.
Bayangan bisa? Klik menu [View]-[Shadow]. Ada bayangan sekarang. Asyik!
Boleh dong ada warnanya. Banyak maunya ‘nih. Oke, klik ‘Kaleng Cat’, muncul menu, pilih ‘Roofing’ untuk atap dan silakan klik jenis atapnya. Tuangkan ‘cat’ di atas atap!
Belajar Google SketchUp 8 Simple HouseLanjutkan bikin pintu, dinding dicat, jendela diberi kaca (ulangi gambar ‘Persegi’ di jendela bolong lalu ‘cat’ dengan bahan tembus pandang ‘Translucent’)… dst., dst. Kira-kira hasilnya seperti di samping. Cantik, ya.
Update (terlupakan): klik menu [Window]-[Component]; ada pohon, mobil, bangku taman di sana untuk menyemarakkan rumah. Update gambar di samping menyusul segera… (sudah).

Selamat datang di Google SketchUp, mari sama-sama kita bangun rumah pertama kita. Tipe ‘RSS’, gratis.

:D    (untuk pemula, bisa ini semua sudah luar biasa; jadi, google sketchup gampang atau susah?)
Baca selengkapnya » 0 komentar

Membuat animasi motion guide di adobe flash

Membuat animasi motion guide, adalah membuat sebuah jalur yang bisa di ikuti oleh sebuah objek, misalnya kita ingin membuat sebuah Lingkaran yang bergerak membentuk Kotak berulang ulang, membuat animasi motion guide tidaklah sulit, dan kali ini Saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya mengenai cara membuat animasi Motion guide,. :)
Langkah..
  1. Buat dokumen baru, Actionscript 2.0/3.0
  2. Pada Layer 1>Frame 1, Buat objek Lingkaran menggunakan oval tool.
  3. Lalu pada Layer 1> Klik kanan pilih Add Motion Guide.
  4. Diatas Layer 1 akan muncul layer motion guide dengan nama "Guide:Layer 1"
  5. Pada Layer Guide buat sebuah jalur menggunakan Pencil Tool, yang nantinya akan di ikuti oleh objek lingkaran yang kita buat sebelumnya,
  6. Pada Layer 1>Frame 1, Pindahkan Objek Bola tepat pada ujung jalur yang kita buat, 
  7. Kembali ke Layer 1>Frame 1, Klik frame 20 pada Layer 1, >Insert Keyframe
  8. Lakukan hal yang sama pada layer Guide.
  9. Pada Layer 1>Frame 20, Pindahkan Objek Bola tepat pada ujung jalur yang lainya
  10. Lalu klik pada sembarang frame, "tapi tetap di antara frame 1-20 pada Layer 1", Klik kanan Insert Tween Motion,.."MENGAPA TWEEN MOTION?" (Karena kita membutuhkan tween motion untuk membuat objek bola bergerak dari ujung jalur sampai ujung yang satunya....
  11. Terakhir tekan CTRL+ENTER, untuk melihat hasilnya....... ^_^
Bila belum memiliki Adobe Flash CS3 silahkan download>> Here
Untuk Tutorial Lengkap + Video Silahkan di download >> Here
Baca selengkapnya » 0 komentar

Membuat animasi motion shape di adobe flash

Shape motion adalah animasi untuk merubah bentuk objek. Untuk cara pembuatanya ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Buatlah objek baru di lembar kerja , caranya klik pada frame 1 kemudian buatlah sebuat objek di area kanvas. Lihat contoh gambar.
motion shape
motion shape
2. Kemudian pada frame 20 (atau frame yang anda inginkan) lakukan klik kanan kemudian pilih Insert Blankkeyframe, maka pada frame 20 ini akan kosong lembar kerjanya.
motion shape
3. ada kanvas yang kosong tadi buatlah objek baru yang berbeda dengan objek yang pertama kita buat tadi.motion shape 3
4. Untuk melakukan motion shape, klik di tengah-tengah antara frame 1 sampai dengan frame 20, kemudian pada bagian properties,  ganti tween menjadi shape.
motion shape 4
Setalah itu objek akan terlihat perubahan bentuknya. Lihat gambar dibawah
motion shape 5
5. Anda bias menambahkan keyframe pada frame 30 supaya objek terakhir tidak langsung ganti.
4. Ctrl + enter untuk menjalankan.
Tetapi langkah diatas tidak bisa digunakan pada objek yang berbentuk teks. Untuk objek yang berbentuk teks anda harus merubahnya kedalam bentuk symbol terlebih dahulu. Caranya,
-          Klik kanan pada objek teks yang anda buat tadi, kemudian klik Break Apart (Ctrl+B) 2x.
motion shape 6
Untuk Tutorial dalam bentuk dokumen Word silahkan download disini  shape motion
Baca selengkapnya » 0 komentar

Membuat animasi motion tween di adobe flash

Cara membuat animasi flash dengan motion tweening
1. Kamu harus buat gambar. Contoh yang paling mudah adalah buat gambar lingkaran dengan menggunakan oval tool
2. Jaring gambar itu dengan menggunakan selection  tool (panah hitam pojok kiri)
3. Tekan F8 sehingga muncul kotak yang bertuliskan Convert To Symbol
4. Klik pada bulatan movie clip. Registration digunakan untuk memindahkan poros atau pusat gambar. Setelah selesai klik OK
flash1
5. Klik pada frame yang diinginkan.Misal pada frame ke 20
6. Klik kanan pada frame 20 tersebut, kemudian klik insert key frame atau tekan F6 motion tween 2
7. Pindahkan gambar sesuai keinginan, misal ke kanan, kiri atau bawah.
Jika ingin gambar berpindah lurus maka, tekan shift saat memindahkan gambar.
8. Klik frame yang ada di tengah-tengah antara frame 1 dan frame 20
9. Klik kanan pada frame tersebut dan klik create motion tweening.
Sehingga muncul tanda panah antara frame 1 dan frame 20. Atau pada  Properties di bawah stage pilih Tween Motion.
3-20
10. Tekan enter atau ctrl+ enter untuk menjalankan animasi tersebut.
Selamat mencoba!!!!!
Baca selengkapnya » 0 komentar

Copyright © Yayan Saputra ~ 2010

Template By Nano Yulianto